Jumat, 30 Desember 2011

KEKEBALAN TUBUH


 
           Kekebalan adalah kemampuan suatu organisme, misalnya manusia, untuk menahan infeksi. Menurut Sudjadi (2007:161),”kekebalan tubuh adalah system yang mejaga tubuh kita”.  Manusia termasuk organisme paling kompleks di muka bumi.Manusia lebih mudah terkena penyakit daripada makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Suatu keseimbangan yang menunjang kehidupan dijaga oleh sistem tubuh, tetapi keseimbangan itu dapat terganggu dengan berjuta-juta macam cara. Meskipun gangguan yang dialaminya sangat bannyak, tubuh manusia masih cukup kuat untuk melawannya atau untuk hidup bersamanya.
            Virus HIV adalah virus terganas sepanjang masa.Virus ini adalah penyebab utama kematian jutaan umat manusia di muka bumi.Virus ini hanya menginfeksi sel yang membawa protein penanda tertentu.Protein penanda tersebut ditemukan pada sel T penolong yang telah matang.HIV menghancurkan komponen utama dalam sistem imun, yaitu sel T penolong.
            Akibatnya orang yang terjangkit virus HIV ini menderita penyakit AIDS. Parikesit (2008) mengatakan bahwa AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakkan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup.Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang mematikan dan sangat berbahaya.Penyakit ini adalah penyakit turunnya sistem kekebalan tubuh karena hancurnya sel T penolong.Dengan begitu, maka orang yang mengidam virus ini benar-benar mengalami penurunan sistem imun dalam menghadapi organisme penginfeksi. Bukan hanya itu, penderita AIDS bias sangat mudah terserang penyakit apapun termasut terjangkit penyakit-penyakit aportunis seperti kanker kaposi, yaitu kanker jaringan pembuluh darah. Penyakit ini hingga sekarang masih belum ditemukan obatnya.Dewasa ini yang ada hanyalah obat untuk memperlambat ledakan perkembangan virus HIV tersebut.
            Sistem imunitas atau daya kekebalan tubuh yang karena suatu sebab yang tidak diketahui tiba-tiba menjadi sangat aktif dan menyerang sel-sel tubuh sendiri. Sistem imunitas  itu salah satu sistem pertahanan tubuh yang melindungi tubuh kita dari berbagai bahaya yang berasal dari luar tubuh. Sistem inilah yang membunuh bakteri dan kuman penyakit lainnya sehingga kita tidak segera sakit walaupun kontak langsung dengan banyak penyebab penyakit di sekitar kita. Tetapi, karena sesuatu hal system ini berubah menjadi ‘sangat sensitif’ dan ‘kurang selektif’ sehingga menganggap sebagian sel-sel tubuh sendiri sebagai bahaya, kemudian mengeliminasinya. Penyebabnya adalah hewan mikroba yang mampu menggumpalkan darah. Hingga saat ini belum diketahui jenisnya, apakah mikroba itu virus atau bakteri ?
            Meskipun tidak diketahui termasuk jenis virus atau bakteri yang jelas mikroba ini mengakibatkan penyakit yang disebut dengan nama ‘Sindrom Hughes’. Sindrom hughes adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kecenderungan penggumpalan darah yang berlebihan,baik di penbuluh darah arteri maupun vena. Penggumpalan terjadi karena tingginya kadar suatu antibodi di dalam darah penderita. Penyakit ini memang bukanlah penyakit yang terkenal atau popular di kalangan masyarakat.Tetapi, penyakit ini cukup berbahaya. Apalagi bagi perempuan, penderita bias tidak memiliki keturunan karena setiap hamil akan mengalami keguguran.
            Sistem kekebalan tubuh ibarat satpam yang bekerja di rumah atau kantor kita. Tugasnya untuk melindungi penghuni rumah atau kantor dari bahaya yang dating dari luar. Tetapi, begitu anggota penghuni rumah atau kantor dianggap bahaya yang harus diringkus, tentu hal itu akan menjadi kekacauan. Inilah yang terjadi pada gangguan kekebalan tubuh kita.Jadi, tingkatkan terus kekebalan tubuh kita agar tidk mudah terserang penyakit, baik penyakit yang ringan ataupun berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please!! kasih Komentar YG membangun tuk kebaikan ini BLOG. ^_^